Sabtu, 06 Desember 2014

Fungsi Captcha untuk Mengamankan Website Anda dari Spammer

Fungsi Captcha untuk Mengamankan Website Anda dari Spammer - Bagi anda yang sering menggunakan internet, terutama yang sering mendaftar di situs - situs tertentu atau mendownload suatu file pasti anda pernah melihat gambar yang bentuknya kacau. Biasanya gambar itu hanya terdiri dari huruf dan angka, disebut apakah gambar itu ? dan apa kegunaannya ?

kode captcha


Pengertian dan Fungsi Captcha

Gambar yang terdiri dari huruf dan angka yang tidak beraturan tersebut di sebut captcha. Captcha merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah sebuah metode turing test yang digagas oleh Alan Turing pada tahun 1950. Captcha digunakan untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan itu dibuat oleh manusia bukan robot.
Kenapa begitu ? ya karena captcha memang dirancang supaya sulit dibaca oleh mesin atau robot atau program komputer, dan yang hanya bisa membacanya hanyalah manusia. Captcha terdiri dari huruf dan angka yang bentuknya tidak rapi, ada yang bengkok, ada yang ancur, meliuk - liuk seperti ular, dan masih banyak lagi.
Sebelum captcha ditemukan banyak spammer dan hacker yang membuat program dimana program tersebut bisa melakukan pendaftaran secara berulang - ulang, dan yang pastinya para hacker tersebut menggunakannya untuk disalah gunakan. Contoh untuk polling hanya dengan membuat program spam mereka hanya membutuhkan waktu singkat untuk mendapatkan polling jutaan.
Namun Captcha sering kali membuat pengguna internet malas dan enggan melakukan signup atau pengisian formulir. Jika anda adalah seorang developer maka captcha adalah barang wajib yang harus anda buat supaya tidak ada pihak yang bermain - main dengan website anda.

3 komentar:

  1. Jadi itu fungsinya Captcha, Min. Pantesan aja kok skrg kalo mau download film atau file mesti ujian capthca dulu...
    :o

    BalasHapus
  2. Apa itu berarti captcha dapat mengamankan dari serangan DDOS attack??

    BalasHapus
  3. Best 10 gambling websites for real money 2021 - DrmCD
    Best 부천 출장안마 gambling websites for real money 2021 Online gambling sites such 밀양 출장안마 as PokerStars, 군포 출장샵 It offers 대전광역 출장샵 great odds 수원 출장샵 for both players and for the gambler.

    BalasHapus

Back To Top