Sabtu, 06 Desember 2014

Tips Membuat Kata Sandi yang Aman

Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak dan Mudah Diingat - Password atau katasandi merupakan hal yang harus dipertahankan demi menjaga identitas seseorang dalam suatu sistem. Penggunaan kata sandi tidak boleh sembarangan kalau identitas anda tidak mau dipermainkan oleh orang lain. Misalnya di jejaring sosial, apabila password anda diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka bisa jadi orang tersebut mengacak - ngacak identitas diri anda, pasti anda tidak mau kan ?

password atau katasandi

Dibawah ini akan saya jelaskan tips membuat password yang sulit ditebak dan mudah diingat
1. Buat kata sandi yang sulit ditebak dan mudah diingat
Buatlah katasandi yang tidak mungkin bisa ditebak oleh orang lain, namun mudah untuk diingat. Misal anda membuat suatu kalimat "aku lahir pada tahun 1997", nah dari kalimat itu bisa anda jadikan sebuah singkatan "alpt1997". Kalau begini apakah orang lain akan dengan mudah menebaknya ?
2. Gunakan huruf besar kecil, angka, dan karakter khusus
Jangan membuat katasandi yang hanya terdiri dari huruf saja, apalagi huruf yang digunakan hanya huruf kecil. Kombinasikan huruf besar & kecil, dan angka. Apabila bisa menggunakan karakter khusus sebaiknya gunakan. misal "@Lpt1997".
3. Gunakan minimal 6 karakter atau lebih
Gunakan karakter minimal 6 karakter, supaya kata sandi sulit dideteksi oleh program. Sekarang banyak program yang dapat memecahkan katasandi yang cara kerja nya mengecek 1 persatu karakter dimulai dari a,b,c,...,aa,ab,ac,.... dst. Kalau karakter yang kita gunakan sedikit pasti program tersebut akan dengan mudah nya menebak katasandi kita.
4. Jangan gunakan satu katasandi untuk situs yang berbeda
Buatlah katasandi yang beragam untuk setiap situs yang anda daftar. Jangan membuat katasandi yang sama antar situs yang satu dengan situs yang lainnya. Misal di situs A "katasandi" di situs B juga "katasandi". Kalau seperti itu apabila satu situs sudah ditebak maka situs lain kemungkinan yang sama akan terjadi.
5. Saat memasukkan katasandi pastikan tidak ada orang disekitar kita
Pastikan tidak ada orang disekitar kita saat kita sedang membuat atau menulis katasandi. Percuma kalau kita membuat katasandi tapi ada orang yang mengintip dari pundak kita, kita tidak tahu apa orang itu bisa dipercaya atau tidak, intinya cari aman aja.
6. Jangan sekali - kali memberikan kata sandi terhadap orang lain
Adalah tindakan konyol ketika kita memberikan katasandi kepada orang lain. Katasandi itu dijaga bukan untuk disebar luaskan.

Anda pastinya tidak mau kan kalau identitas diri anda diacak - acak oleh orang lain. Amankan katasandi anda jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top