Jumat, 05 Desember 2014

Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis

web statis dan web dinamis

Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis - Website merupakan aplikasi yang saat ini paling banyak penggunanya. Tahukah anda, berdasarkan teknologinya web terbagi menjadi dua, yaitu web statis dan web dinamis. Keduanya merupakan aplikasi berbasis web, namun ada point - point yang membedakan antara keduanya, yaitu sebagai berikut :

Web Statis Web Dinamis
Pengguna hanya dapat menikmati atau sekedar melihat - lihat isi dari website, bisa dibilang tidak interaktif. Pengguna dapat mengubah isi atau mengkustomisasi website langsung dari website nya, lebih interaktif.
Kalau mau mengubah harus mengubah sintaknya langsung. Kalau mau mengubah bisa melalui websitenya langsung tanpa harus mengubah syntaknya secara langsung.
Biasanya digunakan untuk website perusahaan yang hanya ingin menampilkan informasi - informasi dari perusahaan tersebut. Digunakan secara fungsional seperti jejaring sosial, e-mail, toko online, dll.
Waktu pembuatan sangat relatif singkat, kecuali sang pembuat ingin membuat banyak halaman. Waktu pembuatan bisa memakan waktu yang lama hingga berbulan - bulan lamanya, dan juga sang pembuat harus mempunyai keahlian khusus terutama logika.
Untuk web statis bahasa pemrograman yang digunakan hanyalah HTML & CSS, jika diperlukan javascript juga dipakai agar website terlihat lebih hidup. Untuk web dinamis banyak bahasa pemrograman yang dipakai yaitu HTML, CSS, PHP, MYSQL, dll.
Isi konten web statis jarang diubah, jika mau mengubah isi konten tersebut harus mengubah syntaknya secara langsung. Isi konten pada web dinamis bisa diubah atau diupdate, karena web dinamis dapat mengisi konten melalui halaman website itu sendiri, contohnya halaman admin.
Web statis tidak perlu menggunakan database karena tidak ada data yang perlu disimpan. Web dinamis memerlukan database karena pada web dinamis data harus bisa diolah.

Itulah perbedaan - perbedaan yang terdapat pada web statis dan web dinamis. Semoga penjelasan singkat ini bisa menambah pengetahuan anda tentang web statis dan dinamis.

1 komentar:

  1. Jadi yang mana lebih bagus gan?

    bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    BalasHapus

Back To Top